Apply visa Korea Selatan susah?

Kalau saya ditanya : susah nggak sih apply visa Korea Selatan? Jawaban saya :  TIDAK! Lebih susah apply buat nikah kayaknya. Hehehe.

Menurut saya, Korea Selatan sangat memberikan kemudahan bagi para Traveler untuk memasuki negaranya yaitu dengan mempermudah proses pembuatan visa. Saya sudah pernah apply visa Korea Selatan 2x....yang pertama di November 2012 dan di awal November 2016. Selang 4 tahun, namun menurut saya pelayanan yang diberikan oleh Consular Pengajuan visa tetap cepat, teratur dan para petugas yang bertugas tetap ramah dengan pelayanan yang maksimal.

Berdasarkan persyaratan pembuatan bisa di website Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia (http://idn.mofa.go.kr), dokumen yang disyaratkan untuk visa kategori Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C9) cukup simple yaitu :
- Paspor asli dan fotokopi paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
- Formulir aplikasi visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
- Kartu Keluarga (KK) atau dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
- Surat keterangan kerja dan fotokopi SIUP tempat bekerja
- Surat keterangan mahasiswa/pelajar bagi yang masih bersekolah
- Fotokopi bukti keuangan :
   * Surat pajak tahunan (SPT PPH-21)
   * Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
Nah, berdasarkan syarat dokumen diatas dan experience apply visa di tahun 2012 kemarin, maka saya menambahkan beberapa dokumen lainnya yang berpotensi menjadi nilai plus saat di review oleh pihak Consular, hehehe...

Dokumen lampiran yang saya tambahkan adalah :
- Print out ticket pesawat PP Jakarta - Seoul
- Print out booking hotel / konfirmasi reservasi
- Itinerary (estimate) selama berada di Korea. 
  Dalam itinerary, saya tambahkan informasi mengenai estimasi biaya yang dikeluarkan per harinya selama di   Korea sebagai referensi apakah uang di rekening mencukupi selama berada di Korea.

Dengan semua persiapan yang matang tsb, maka saya jamin 99% visa yang kita ajukan di approve. Lalu 1% masih ada kemungkinan ditolak dong visanya?. pasti ada tapi kemungkinannya kecil sekali jika tujuan kita untuk datang ke Korea Selatan wajar dan tidak macam-macam ya.

Buktinya? Visa saya sudah di approved tuh. Saya ajukan di tanggal 4 Oktober 2016 dan di approve di tanggal 09 Oktober 2016. Cepat kan? :). So...jangan takut untuk memulai traveling ya. Jika memang sudah niat, pasti ada jalan kok.

Next posting, saya akan cerita mengenai perjalanan liburan saya di Korea Selatan ya. Stay tune :)


Comments

Popular posts from this blog

Melek Teknologi

Antar Kota Antar Negara