Melek Teknologi

Hobby saya sebagai traveler sangat berkaitan erat dengan yang namanya Teknologi. Sebut saja teknologi yang paling basic adalah mengenai fotografi untuk mendokumentasikan seluruh foto yang saya ambil saat traveling. Teknologi lainnya seperti blog untuk menuangkan semua cerita dan pengalaman saya, vlog untuk mendokumentasikan video-video saya dan teknologi lainnya seperti sosial media (Fesbuk, Instagram, Twitter, Youtube, dll).

Cerita-cerita yang muncul selama saya melakukan perjalanan ke berbagai destinasi wisata sangat sayang rasanya jika hanya berlalu setelah saya kembali ke Jakarta. Dulu jamannya teknologi belum sepesat saat ini, setiap cerita yang saya alami hanya saya tuangkan di buku diary dimana semakin lama menulis semakin pegal tangan saya. Hahaha. Saya sebenarnya tipe orang yang kurang update atau istilah kerennya KuDet dimana saya tidak terlalu memperhatikan mengenai perkembangan teknologi. Asalkan saya punya akun Fesbuk atau Instagram, yasudah... saya hanya sekedar melihat feed teman saya atau sesekali upload foto. Sebenarnya, fungsi dari sosial media itu sendiri bisa terus dikembangkan sehingga mendatangkan keuntungan.

Saya mulai aktif traveling sejak tahun 2010 disaat saya sudah mempunyai penghasilan sendiri dari bekerja di kantor. Saya melakukan perjalanan dengan budget terbatas (alias backpacker) dan dokumentasinya pun saya abadikan hanya dengan handphone blackberry yang ala kadarnya saja. Saat itu, saya belum terlalu menyadari betapa pentingnya kenangan jalan-jalan tsb. Ketika saya ganti handphone, hilanglah semua memory traveling pertama saya..... penyesalan memang selalu tidak pernah datang diawal!. Belum lagi, saya tidak menuangkan semua cerita yang muncul mulai dari persiapan sampai setelah selesai traveling ke bentuk tulisan. Alhasil, saat ini saya sudah lebih banyak lupanya jika ditanya lagi mengenai cerita yang saya alami di tahun 2010 tsb. Ceritanya sudah mixed up dengan traveling yang lain jadi kadang-kadang perlu waktu untuk mengingat lagi :(. Andai saat itu saya sudah  melek teknologi dimana saya bisa backup foto-foto saya di hard disk external, backup ke cloud atau bahkan buat blog untuk menampung semua cerita traveling saya!. 

Nah... berangkat dari pengalaman yang tidak mengenakkan itu, saya mulai cari alternatif supaya saya bisa mendokumentasikan semua foto dan cerita perjalanan saya agar suatu saat saya bisa flash back lagi ke belakang. Lumayan kan untuk warisan ke anak cucu nanti :). Saya mulai googling cara membuat blog seperti apa. Sebenarnya sih terhitung terlambat ya karena saya baru buat blog akhir-akhir ini, tapi lebih baik terlambat kan daripada tidak sama sekali :)

Awal mulanya saya membuat akun di blogspot, tapi setelah dilihat-lihat, kok sepertinya ada yang kurang kalau URL-nya masih ada embel-embel blogspot-nya.  Memang dasarnya saya orang yang perfeksionis, saya maunya punya akun blog saya mencerminkan jati diri saya dan namanya harus lebih keren dengan akhiran belakang .com.

Akhirnya saya mulai googling bagaimana cara membuat hosting sendiri dengan biaya yang murah. Setahu saya sebelumnya, untuk membuat domain akun pasti mahal dan ribet... saya sudah mulai pesimis duluan. Biaya dari mana untuk membuat domain jika harganya mahal... lebih baik uangnya saya tabung untuk beli ticket pesawat promo kan. Disaat saya mulai hopeless, saya menemukan informasi di website Domainesia. Saya mulai tertarik dengan website ini karena ternyata harga domain yang ditawarkan murah banget untuk hitungan per tahun!. Ya... hitung-hitung menghemat biaya ngemil dan shopping kan, lebih baik saya tabung untuk membuat domain saya sendiri. Akhirnya saya mulai belajar cara membuat website dan cara membuat blog secara profesional dimana tahapannya bisa dipelajari dengan mudah di web ini nih :  https://www.domainesia.com/hosting/. Emang benar kata pepatah ya, tidak ada perjuangan yang sia-sia dan dimana ada kemauan, pasti ada jalan. Hehehhee.

Berbekal hosting murah yang ditawarkan di Domainesia, akhirnya saya bisa membuat website sesuai keinginan saya. Hosting murah bisa dicek di web ini: https://www.domainesia.com/hosting/. Akun blogspot yang sudah ada, saya integrasikan dengan domain yang sudah saya booking sehingga postingan artikel saya di blog sebelumnya tidak hilang. Proses intregasinya sendiri sangat gampang. Tinggal mengikuti step proses yang ada di blogspot loh.

Voilla.... setelah belajar kilat cara membuat blog dengan akun hosting yang sudah saya booking, akhirnya blog yang saya impikan tercipta juga!. ladyandsuitcase.com adalah domain pertama yang berhasil saya buat dan saya idam-idamkan dari jaman SMA. Saya sama sekali tidak dibantu oleh orang lain. Saya hanya mengandalkan Tuhan Yang Maha Kuasa, petunjuk dari blogspot, tekad yang kuat, doa yang rajin dan tentunya googling pengalaman orang lain di internet dong. Rasanya pengen nangis... awalnya saya yang kurang update soal teknologi, akhirnya punya website juga :).

Maintain domain di Domainesia juga sangat mudah. Setiap tahunnya, Domainesia akan mengirimkan email reminder kepada saya untuk melakukan perpanjangan domain sebelum expired agar tidak digunakan orang lain. Sayang kan... website sudah saya design sebagus-bagusnya tapi malah diambil orang hanya karena lupa di renewal :( Oiya... nilai plus lainnya mempunyai domain di domainesia, respond terhadap pertanyaan atau keluhan sangat cepat di respond loh. Saya bisa leluasa untuk menyampaikan pertanyaan atau keluhan melalui sistem ticketing yang berada di menu Support saat login akun di Domainesia. Respond yang sangat cepat ini sangat dibutuhkan oleh customer seperti saya yang super bawel sehingga saya merasa diperhatikan oleh Domainesia (Cailahhh.....).

Inilah serunya hidup di era digital.... semua informasi yang saya butuhkan menjadi sangat mudah dicari di internet. Hosting murah dan domain murah pun bisa diraih dengan mudah dan cepat. Dengan adanya website sendiri, saya jadi mudah untuk menuangkan semua cerita perjalanan traveling saya. Tidak terasa, ternyata tahun ini adalah tahun kedua saya menggunakan domain dari Domainesia. Yah... walaupun belum seaktif blogger senior lainnya, tapi tetap saja saya merasa bangga. Ternyata kalau dibaca-baca lagi artiket terdahulu, saya jadi senyum-senyum sendiri mengenang perjuangan traveling saya.

Saat ini, website saya seperti mencerminkan jati diri saya dimana saya bisa menulis dengan bebas sesuai dengan ide yang muncul dan tidak terikat dengan aturan. Oiya, sewaktu saya mulai go public dengan website ladyandsuitcase.com dan share di sosmed Instagram saya, ternyata banyak teman saya yang direct message ke saya menanyakan mengenai akun ini. Rata-rata respond mereka mengganggap kalau membuat domain kan mahal, ribet dan seterusnya. Saya dengan bangganya menceritakan ke mereka kalau webiste yang saya buat sangat mudah dan murah. Bangga sekali rasanya!!!. Sekilas, saya merasa bak orang-orang terkenal yang sudah melanglang buana di dunia teknologi digital.

Dengan adanya domain murah yang disediakan oleh Domainesia, Blogger pemula seperti saya mempunyai kesempatan yang sama untuk mewujudkan mimpinya mempunyai akun website sendiri dengan aman. Nilai plus lainnya adalah Domainesia memberikan ruang kepada blogger yang sudah terdaftar di domainesia untuk ikut serta lomba blog domainesia. Hal ini seperti ajang menunjukkan kreativitas antar sesama blogger.

Terima kasih domainesia sudah membantu mewujudkan impian masa kecil saya!.

#lombablogdomainesia
#domainesia
#hostingmurah
#domainmurah
#hostingindonesia
#domainindonesia
#caramembuatblog
#caramembuatwebsite


Comments

Popular posts from this blog

Apply visa Korea Selatan susah?

Antar Kota Antar Negara